Selasa, 07 Februari 2012

BIDIK MISI, PANTANG MENYERAH, DAN DOA SEORANG IBU



BIDIK MISI, PANTANG MENYERAH, DAN DOA SEORANG IBU


Saya mendapat informasi Bidik Misi dari guru BK saya Bu Ira dan Bu Nenda. Jumlah siswa yang direkomendasikan dari sekolah saya ini sekitar 70 orang. Di sini saya dan temen-temen saya harus menutupi kelelahan karena sepulang dari lahan praktikum kami di sibukan dengan persyaratan Bidik Misi ini. Menunggu kelulusan dan pengumuman keterima tidaknya saya jalani dengan membantu kakak berkebun. Alhamdulillah selembar kertas menyatakan saya lulus. Tidak lama saya mendapat pesan pendek dari sahabat saya Emma, kalo gak salah isi pesannya begini” ehh ternyata bener gus, kuliah teh kamu sendiri”, saya bales”maksudna naon,?”  “eta bidik misi tea gening, bener nu kita omongin teh gimana kalo yg  katerima teh sendirian, gak ada temennya dr sini” balesannya dari dia. “masa sih, beneran gituh”, balas saya dengan hati yang senang dan tak percaya. “beneran ihhh, besok geura yuk k sekolah” balas dia.Keesokan harinya saya pergi ke sekolah masih dengan seragam putih abu. Sesampainya di sekolah saya di salamin sama temen temen “selamat yaaa”. Saya masih belom percaya, tapi setelah saya lihat lewat hp temen, karna rumah kakak jauh dari warnet saya belum sempat lihat secara langsung, saya pun masih belum begitu percaya tapi campur senang. Kemudian saya masuk ke ruang guru untuk memberi laporan bahwa saya sudah mendapat surat kelulusan, dan diruangan itu sayapun mendapat ucapan selamat, kini saya percaya. Dari 70orang hanya saya yang di terima. Dan benar Doa seorang Ibu itu pasti di Ijabah.
Saya pun segera melengkapi persyartan yang harus di lengkapi. Persyaratan yang saya sangat khawatirkan adalah kartu keluarga, surat keterangan tidak mampu, bukti pembayaran PBB/listrik dan KTP bapak, bagaimana mungkin semua itu selesai cepat karena semua itu ada di Lampung. Tapi itu semua sudah saya persiapkan setelah saya mengetahui persyaratan bidik misi ini ketika pertama kalinya sekitar dua bulan sebelum pengumuman. Dan semua itu telah menghabiskan banyak uang bapak.Saya pun harus ke DU untuk pertemuan orang tua wali dan siswa dengan pihak Universitas. Saya ke DU bersama kakak saya, karena saya belom tahu tempatnya, saya di antar juga oleh guru BK saya bu Nenda. Saya menunggu di terminal gerbang tol Padalarang menunggu bis dan menunggu bu Nenda. Kita seharusnya tiba di DU jam 3 tetapi kita baru berangkat jam 3 seperempat kita naik bis ekonomi biar murah, hujanpun turun begitu deras dan macetpun tidak bisa dihindari. Kami sampai sekitar jam 4 kurang lebihnya lupa. Kami datang terlambat di aula sudah penuh kami mengisi buku absen dan duduk di bangkku paling belakang.
Setelah selesai kami pulang, bu nenda di jemput oleh suaminya dan saya bersama kakak saya pulang berdua meski tak yahu jalan, tapi bu nenda memberi tahu harus naek apa kita pulang. Saya pun naek angkot dan turun di Rs Hassan sadikin. Lalukita jalan kaki mengikuti jalan sampai ke jalan yang saya gak tahu dimana, disini saya gak tau harus naek apa dan kemana, padahal hari sudah sore dan hujn. Saya berteduh dekat warung dan sambil menunggu bis, kali aja ada yang jurusan padalarang. Setelah lama bis yang di tunggu gak ada, saya pun mulai bingung dan saya lalu bertanya ke tukang warung dan saya pun di arahkan dan saya langsung lari lari kehujanan dan sampailah saya d halte disitu saya bingung lagi karna bis juga tidak ada, kemudan ada kondektur sebuah mobil Carry menanyakan tujuan saya,”mau kemana?”. “padalarang” jawab kakak saya. “oh hayu atuh berangkat tuh” (“oh ayo berangkat kalo gitu”). Saya pun naek dengan membayar Rp.10 000 dua orang. Kita sampe di rumah sekitar jam 7 malam.
Kemudian registrasi untuk melengkapi persyaratan saya di haruskan ke DU lagi. Kali ini saya sendirian karena kakak saya tidak bisa mengantar karena anaknya yang masih kecil tidak bisa ditinggal dan takut pulang malam lagi, kasian keponakkan saya cukup sekali saja waktu itu. saya belum begitu hapal jalan, karna baru sekali dan saya selalu tannya tanya ke bu nenda via sms, harus pake bis mana, bayarnya berapa, turun dimana, pulannya gimana, gimana kalo nanti ditanya tanya, perasan takut, degdeggan semuanya. Setelah sampe di kampus, saya kebingungan  harus kemana, saya tanya bu nenda,”bu saya udah nyampe terus kemana, bu tempatnya di mana”, “liahat aja yang banyak orang” balesnya. Aduh disitu saya masih diem berdiri kebingungan. Terus saya coba tanya kepada mahasiswa yang di depan aula yang waktu itu di adakan pertemuan. “maaf kak, mau tanya kalo tempat registrasi bidik misi dimana ya kak?”, “maaf saya gak tahu masalah kayak gituan, saya mahasiswa study banding disini” jawab salah satu mahasiswa itu. (“alah emak malu bener, salah nanya,”dalam hati), “oh maaf kak, ya udah makasih kak”. Lalu saya tanyak ke satpam, dan saya di suruh ke gedung 3 kalo gak salah deket gedung dua katanya. Saya pun jalan dan akhinya ketemu juga di situ sudah banyak yang ngantri. Ditanya masalah gajih orang tua saya bingung karena bapak saya bukan pegawai kantoran atau pabrik, bapak saya hanya seorang petani biasa. “Ya dikira kira saja perbulan berapa” kata sibapaknya. Saya gak tau, ya udah saya bilang 500rb. Karena petani juga bukan petani besar karena kalo panen padi itu di jual buat ngelunasin hutang biaya pengolahan lahan sebagian di simpan untuk cadangan makanan. Terkadang juga jadi buruh tani. Jadi ya di itung itung hasil panen itu habis buat makan dan bayar hutang. Ibu kalo gak ada lauk biasa nuker beras dengan sayuran atau ikan asin untuk kita makan sehari hari. Dan itu terus berulang sampe sekarang. 0oh iya lupa, saya diterima Bidik misi di UNPAD jurusan Agroteknologi Faperta. UNPAD adalah pilihan pertama karena lebih dekat dan sudah terkenal keunggulannya juga. Dalam pilihan saya pilih yang 1. Agroteknologi 2. Biologi 3. Sastra inggris. Dan rezeki saya jatuh di Agroteknologi sesuai jurusan sewaktu SMK.
Setelah registrasi di DU saya diharuskan registrasi ulang ke kampus Jatinangor. Pada waktu itu saya sedang sakit cacar air dan oleh dokter penyakit ini tidak boleh terangin angin. Apaboleh buat saya harus bolak balik ke sekolah untuk ngelengkapin persyaratan. Kondisi wajah dan badan penuh cacar tak membuat saya lantas mundur. Pada waktunya saya harus ke Jatinangor, saya pun berangkat sendiri, sama seperti sebelumnya saya tanya tanya sama bu nenda berapa ongkosnya,naek bis apa, turunnya dimana, pulangnya gimana. Emang kampungan, emang belom pernah berkunjung sih. Saya pun berangkat dari gerbang tol padalarang naek bis ekonomi Karuniabhakti sampe ke cileunyi dengan ongkos 5ribu. Sampe di cileunyi saya gak tau harus naek angkot mana, lalu saya naek angkot begitu aja, ehh kebetulan liat kakak kelas yang sebelomnya keterima juga bidikmisi unpad, dia naek yang angkot yang atasnya putih. Ternyata salah naek angkot,(“dasar bego kampungan”dalam hati), untung belom jauh, terus turun bayar 1000 naek yang atasnya putih lalu minta turunin di unpad ke si abang angkotnya. Sampe disana saya bingung lagi, dimana itu bale santika tempat registrasi, lalu saya naek ojeg minta anterin ke balesantika, yaa ampun ternyata jauh kirain deket tadinya mau jalan kaki, dan sebelumnya terpikir, nyampe langsung masuk kaya yang di DU. Nyampe di balesantika ternyata sudah banyak yang antri.  Sempet ngiri juga liat yang lain di anter sama keluaraganya sedangkan saya sendiri, “bu yang laen di anter sama ibu bapaknya, saya sendirian” sms saya ke bu nenda. “ ya gak papa, jangan takut” balesnya. Dalam kondisi cacar yang belom sembuh masih serem mukanya, saya pun ngantri dan masuk kemudian duduk di belakang. Di ruangan ini kita dipanggil satu persatu,  tiba giliran saya maju dan menyerahkan persyaratan kemudian ke ruangan berikutnya untuk di photo untuk KTM. Aduh muka sedang buruk gini di photo, emmmmp photo yg .......... L   . setelah itu keruangan berikutnya untuk pembagian buku panduan dan jaz almamater juga dasi. Selesai pembagian saya keluar dan di sambut kakak-kakak BM 2010 yang menyerukan fakultasnya masing masing dan saya ke fakultas pertanian disitu saya ngobrol ,nanya nanya, dan di kasih kontak person juga jikalau ada yang mau di tanyakan atau ada informasi mengenai Ospek dan sebaganya.
Saya pun pulang dengan hati lega, akhirnya selesai juga. Nahhh sekarang pulang gimana? Saya jalan ke bawah dan berhenti sejenak  karena capek sangat dan panas. Laparpun melanda, jalan sambil lihat lihat yang jualan, aduhhhh mahal mahal banget. Lima ribu di padalarang udah bisa makan bakso lengkap plus ale-ale, yahhh dari pada lapar saya beli baso tahu 5ribu, airnya kebetulan di bis dah beli. Sambil nunggu angkot saya makan dulu, lalu naek sampe cileunyi lalu lihat bis yang biasa lewat lalu naek tapi tidak lupa tanya dulu pak kondektur. Sampe juga dirumah. Yah sekarang tinggal ke DU lagi buat ngambil kartu perpus CISRAL. Kali ini saya masih sendiri, sekarang tidak terlalu takut karena dah tahu dimana harus turun dan naek apa. Ehh dari tempat turun bis saya naek angkot jurusan apa ya lupa,, ciroyom gitu kalo gak salah. Nah itu ternyata jauh dan turun saya bayar 2ribu dan si emang angkotnya manggil manggil saya pura pura gak denger karna malu kalo balik lagi, hhhhhhaa. Nah lho dimana cisralnya, saya keliling nyari gak ketemu ehh ternyata ada di sebrang jalan, ya ampun terus saya nyebrang dan naek k lantai dua atou tiga yaa lupa,,, ambil kartu trus pulang. Kali ini gak kebingungan saya naek angkot yang biasa dan saya bayar dengang uang 10ribu, takut di tagih lagi dan dengan begitu saya tau berapa ongkosnya.
Kost, masalah ini ternyata Allah telah memberi jalannya, saya selalu tanya tanya ke kakak bm 2010 dan katanya kost paling murah itu sekitar 3jt, ya ampun mahal bnget uang darimanacsoba. Nggak ada yang paling murah lg apa? Dan Allah memberi jalan, ketika itu ada acara Rajabban di stadion si jalak harupat, saya di ajak oleh kak Syamsul namanya bm 2010 kebetulan juga dari pertanian. Dari sepulang itu saya ketemu dengan kang Andi dari fisika, lalu saya tanya tentang kost yg murah dimana. Setelah itu saya bagi nomor Hp, tanya tanya ternyata dia ngontrak rumah dan itu lumayan murah sekitar 2 ½ jt perorang per tahun. Kemudian di ajak untuk lihat dan ketika mulai ospek saya sudah bisa tinggal. Meski sampe sekarang belom lunas bayarnya baru satu juta..haaa. ya mau gimana lagi itu pun saya bayar dari uang BM, karna orang tua sudah gak bisa kirim lagi, jangankan buat biaya hidup anaknya disini, disana sendiri juga ada adik saya yang masih sekolah, buat makan sehari hari aja masih ngutang kasana kesini.
Alhamdulillah sekarang saya berstatus mahasiswa yang dulu hanya angan angan belaka. Semua berkat doa dan kerja keras yang dijalani dengan ikhlas. Yang membuat saya tetap berusaha keras mendapatkan cita-cita adalah orang tua terutama ibu. Di setiap hal apapun saya selalu meminta di doa’kan baik itu saya mau ujian, mau ulangan harian, dan yang paling sering saya menelpon ibu adalah pada saat mendekati UN dan pengumuman Bidik Misi, dan di setiap perjalanan registrasi saya menelpon dulu ibu. Terimakasih ibu doa’mu telah terkabul. Allah maha adil atas tiap-tiap umatnya. Terimaksih bu Warieda(BK) dan semua guru, sahabat karib,temen-temen jg semuanya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar