Rabu, 07 Desember 2011

dit

MODUL 20
Metabolisme Karbohidrat, Lipida, dan Protein
Ditujukan untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Dasar Ilmu Tanaman

Oleh :
Kelompok 3
Onicius Tua Siregar    150510110009
Agus Salim        150510110010
Annisa Ramadhini     150510110011
Ai Siti Patimah Pajri    150510110012
Agroteknologi – A




PROGRAM STUDI AGROTEKNOLOGI
FAKULTAS PERTANIAN
UNIVERSITAS PADJADJARAN
JATINANGOR
2011
KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan YME, karena dengan rahmat-Nya lah kami akhirnya dapat menyelesaikan tugas ini dengan baik.
     Selanjutnya ucapan terima kasih penulis sampaikan kepada Dosen mata kuliah Dasar Ilmu Tanaman yang telah memberi pengetahuan kepada kami dan memberikan kesempatan kepada kami sehingga berkesempatan menyusun tugas ini. Serta tak lupa kepada seluruh pihak yang turut membantu, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam bentuk dukungan moril maupun materil kepada kami dalam menyelesaikan tugas ini.
    Tak ada segala sesuatu di dunia ini yang sempurna. Begitu pula dengan laporan tugas ini. Untuk itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari semua pembaca demi kesempurnaan dalam pembuatan laporan di kemudian hari.










Jatinangor, November 2011

  Penyusun


PENDAHULUAN
Karbohidrat, lipida dan protein memegang peranan penting bagi kehidupan di bumi ini. Karbohidrat terbagi atas tiga kelompok yaitu mono sakarida, oligosakarida dan polisakarida. Monosakarida atau gula sederhana mengandung 3,4,5,6 dan 7 atom karbon. Monosakarida yang paling banyak dijumpai adalah heksosa (misalnya glukosa, galaktosa, fruktosa) dan pentosa (misalnya xilosa dan ribosa). Oligosakarida banyak ditemukan di alam berupa laktosa dan sakarosa, sedangkan maltosa dihasilkan bila pati dihidrolisis oleh enzim β-amilase. Maltosa terdiri dari dua molekul glukosa yang dihubungkan oleh ikatan glikosida. Sukrosa terdiri molekul glukosa dan fruktosa. Polisakarida di alam dapat dihidrolisis oleh asam maupun enzim. Polisakarida dapat berfungsi sebagai penyusun struktur maupun simpanan. Pati adalah polisakarida simpanan yang terdapat pada tumbuhan tingkat tinggi terdiri dari dua komponen, yaitu amilosa dan amilopektin.
Lipida adalah senyawa organik yang tidak larut dalam air, tetapi larut dalam pelarut organik (aseton, ether dan lain-lain). Lipida ada yang berupa zat cair (minyak) dan padat (lemak). Senyawa ini terdapat dalam semua sel yang berfungsi sebagai komponen struktur sel, sebagai simpanan bahan bakar metabolik, pelindung dinding sel (komponen membran), pelindung daun (lilin) dan sebagainya. Lemak terbentuk dari trigliserida yang dapat dihidrolisis oleh asam, basa atau enzim menjadi gliserol dan asam lemak. Gliserol mempunyai 3 gugus alcohol, sedangkan asam lemak terdiri dari gugus karboksil (head) dan rantai hidrokarbon (tail). Asam lemak terdiri dari asam lemak jenuh dan tak jenuh.
Protein adalah suatu senyawa organik yang berbobot molekul tinggi. Protein tersusun dari atom C,H,O, dan N serta lainnya seperti P dan S yang membentuk unit-unit asam amino. Protein merupakan untaian panjang asam amino. Ikatan antara unit-unit asam amino disebut ikatan peptida. Protein berasal dari kata Yunani kuno proteos “yang utama”. Dari asl kata tersebut dapat diambil kesimpulan bagaimana pentingnya protein dalam kehidupan. Protein terdapat dalam semua sel hidup. Protein berfungsi sebagai pembangun struktur, biokatalis, hormon, sumber energi, penyangga racun, pengatur pH, transpot ion, dan pembawa sifat turunan dari generasi ke generasi. Protein pada membran disamping membantu proses transpot ion dari luar sel atau sebaliknya juga berperan untuk menjaga integritas membran.




PERTANYAAN DAN JAWABAN
Apa yang saudara ketahui tentang penggolongan karbohidrat?

Karbohidrat di golongkan menjadi 3 kelompok, yaitu:
Pertama monosakarida, yaitu gula sderhana mengandung 3,4,5,6 dan 7 atom karbon yang berturut-turut dinamakan triosa, tetrosa, pentosa, heksosa, dan heptosa. Monosakarida ini mempunyai rumus empiris (CH2O)n dimana n=3 atau lebih besar.

Kedua oligosakarida, merupakan senyawa yang jika dihidrolisis menghasilkan 2 sampai 6 gula monosakarida. Disakarida jika dihidrolisis menghasilkan 2 gula monosakarida, sedangkan pentosakarida menghasilkan 5 monosakarida.

Ketiga polisakarida, termasuk karbohidrat yang jika dihirolisis menghasilkan sejumlah monosakarida. Karbohidrat yang termasuk polisakarida biasanya tidak berasa, tidak  larut, berupa senyawa amorf dengan bobot molekul tinggi.

Sebutkan fungsi karbohidrat bagi tumbuhan!
Sebagai cadangan makanan, sebagai bahan utama dalam proses respirasi, Bila karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi, dengan mengalahkan fungsi utamanya sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.
Fungsi karbohidrat, diantaranya:
Sumber energi, Karbohidrat merupakan sumber energi terbesar bagi tubuh. Satu karbohidrat menghasilkan 4 kilokalori.
Pemberi rasa manis pada makanan, Karbohidrat, khususnya monosakarida dan disakarida berfungsi untuk memberi rasa manis pada makanan. Fruktosa merupakan gula yang paling manis, misalnya buah.
Penghemat protein, Jika karbohidrat makanan tidak mencukupi, maka protein digunakan untuk memenuhi kebutuhan energi dan protein tersebut tidak lagi berfungsi sebagai zat pembangun. Sebaliknya, bila karbohidrat makanan mencukupi, protein terutama akan digunakan sebagai zat pembangun.
Pengatur metabolisme lemak


Apa yang saudara ketahui tentang enzim hidrolase dalam perombakan karbohidrat, lipida, dan protein?

enzim  Hidrolase, yaitu enzim yang dengan penambahan air atau dengan adanya air dapat mengubah suatu substrat menjadi hasil akhir, misalnya karboksilase, protese dan lipase.

Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang penggolongan lipida!
Lipida dapat di kelompokan menurut sifat kimia dan fisiknya. Bloor membagi lipida sebagai berikut:

Lipida sederhana, kelompok ini disebut juga homolipida yaitu suatu bentuk ester yang mengandung karbon, hidrogen, dan oksigen. Jika dihidrolisis, lapida yang termasuk kelompok ini hanya menghasilkan asam lemak dan alkohol.
Lemak, ester lemak, dan gliserol
Lilin, yaitu ester asam lemak

Lipida majemuk (compound lipid), kelompok ini berupa ester asam lemak dengan alkohol yang mengandung gugus lain, contohnya Fospolipida, Serebrosida (glikolipida), sulfolipida, aminolipida, dan lipoprotein.
Derivat lipida, merupakan hasil hidrolisis kelompok yang telah disebut terdahulu. Yang termasuk golongan ini ialah asam lemak, gliserol, steroid, alkohol, aldehida, dan keton.

Apa yang saudara ketahui tentang asam lemak jenuh dan asam lemak tak jenuh?

Asam lemak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung ikatan tunggal pada rantai hidrokarbonnya. Asam lemak jenuh mempunyai rantai zig-zag yang dapat cocok satu sama lain, sehingga gaya tarik vanderwalls tinggi, sehingga biasanya berwujud padat
Asam lemak tak jenuh merupakan asam lemak yang mengandung satu ikatan rangkap pada rantai hidrokarbonnya . asam lemak dengan lebih dari satu ikatan dua tidak lazim,terutama terdapat pada minyak nabati,minyak ini disebut poliunsaturat. Trigliserida tak jenuh ganda (poliunsaturat) cenderung berbentuk minyak.

Apa yang saudara ketahui tentang iklan minyak goreng yang menyatakan mengandung omega 9. Jelaskan!
Secara alami minyak goreng tidak ada yang mengandung omega 3, karena omega 3 berasal dari sumber hewani. Jika senyawa ini ditambahkan pada proses pembuatan minyak goreng, hampir dipastikan tak ada manfaatnya sama sekali bagi tubuh. Mengapa? Karena jumlah minyak goreng yang kita konsumsi setiap hari sangatlah sedikit jumlahnya.
Sedangkan omega 9 atau asam oleat adalah bagian dari minyak yang berbentuk cair yang disebut olein. Jadi, kalau dikatakan minyak goreng mengandung omega 9, memang benar. Bahkan istilah sebetulnya bukan mengandung, karena olein adalah omega 9.

Jelaskan apa yang saudara ketahui tentang peran protein!
Peranan protein bagi tubuh makhluk hidup adalah sebagai zat pembangun, enzim, pengatur asam basa dalam darah, keseimbangan cairan tubuh, dan pembentuk antibody. Protein juga berfungsi sebagai sumber energi.
Protein merupakan sumber energi sesudah karbohidrat dan lemak. Artinya, untuk mendapatkan energi, tubuh akan membongkar protein jika didalam tubuh sudah tidak ada lagi karbohidrat dan lemak.


Apakah semua asam amino berperan sebagai penyusun protein?

Tidak semua asam amino berperan seabagai penyusun proeti. Beberapa asma amino banyak pula yang bukan pembangun protein, tetapi beberapa penting dalam metabolisme. Diantaranya, ialah L-ornitin dan L-sitrulin yang didapat sebagai “zat-antara”  dalam siklus urea, dan berpartisipasi dalam biosintesis asam amino arginin. Selain itu β-alanin (isomer dari α-alanin), berfungsi sebagai komponen vitamin asam pantotenat dan koenzim A. Amin kreatin, yaitu derivat glisin berperan penting dalam proses penyimpanan energi pada vertebrata.
    Disamping itu masih ada kira-kira 200 lagi asam amino bebas yang terdapat di alam yang tidak pernah menjadi bagian dari protein. Kebanyakan terdapat pada tanaman dan biasanya masing-masing terbatas hanya dalam satu spesies atau beberapa spesies dan satu genus.



































DAFTAR PUSTAKA

Aisyah Girinda. (1993). Biokimia I. Gramedia. Jakarta
http://www.programdietsehat.com/2009/12/minyak-goreng-yang-sehat.html

http://www.crayonpedia.org/mw/Enzim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar